08.06.2015

Peran Website di Tengah-tengah Ekonomi yang Lesu

Kita semua menyadari bahwa saat ini ekonomi sedang lesu dan karena hal itu pula banyak pihak yang berusaha untuk menekan biaya. Lalu mengapa saya harus memiliki sebuah website, apalagi dalam situasi ekonomi yang sedang lesu seperti ini? Pertama-tama kita harus menyadari bahwa website adalah salah satu alat pemasaran yang terbaik. Hal ini berdasarkan fakta bahwa:

  1. Website adalah alat pemasaran yang paling murah. Bandingkan dengan billboard, iklan televisi, iklan radio, dll yang membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk masa tayang yang jauh lebih singkat. Anda mungkin mengatakan bahwa pamflet, selebaran, atau brosur memiliki biaya yang lebih murah. Hal itu benar jika Anda menghitungnya dalam jangka waktu pendek (satu atau dua kali penyebaran), tetapi jika kita berbicara pemasaran jangka panjang, Anda tentu dapat menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk pamflet, selebaran, dan brosur pasti jauh lebih mahal daripada sebuah website.
  2. Website adalah alat pemasaran yang memiliki daya jangkau paling luas. Dibandingkan alat pemasaran lainnya, sudah dapat dipastikan bahwa website memiliki daya jangkau yang paling luas. Daya jangkau luas yang saya katakan di sini tidak hanya berbicara masalah tempat, tetapi juga masalah waktu. Karena bersifat online, website dapat diakses dan dibuka oleh siapapun yang terkoneksi dengan jaringan internet. Website juga dapat diakses kapanpun tanpa menunggu waktu tayang ataupun waktu-waktu tertentu lainnya (waktu pembagian selebaran, dll)
  3. Kita sudah memasuki Era Internet dan Teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dua dasawarsa terakhir, kita sudah memasuki era teknologi, dan bahkan melaluinya dengan kecepatan yang luar biasa. Hal ini mengubah cara masyarakat berkomunikasi maupun mencari informasi dengan lebih memanfaatkan teknologi. Hari ini sumber informasi terbesar adalah internet, dan karenanya ketika seseorang mencari informasi apapun (termasuk informasi mengenai produk atau perusahaan), tempat pertama yang mereka tuju adalah internet.

Setiap bisnis dan perusahaan membutuhkan sebuah website. Anda mungkin berpikir bahwa perusahaan/bisnis Anda masih belum begitu besar, sehingga masih belum memerlukan sebuah website, namun cobalah memikirkan mana yang lebih memerlukan pemasaran, sebuah perusahaan yang sudah besar dan sudah dikenal oleh banyak orang atau sebuah perusahaan yang masih dalam tahap berkembang? Tentunya perusahaan yang masih berkembang. Jadi jika semua perusahaan besar membutuhkan dan memiliki website, terlebih-lebih perusahaan yang sedang berkembang.

Demikian pula Anda harus memikirkan, bisnis manakah yang lebih membutuhkan sebuah alat pemasaran yang baik, apakah bisnis yang dalam keadaan lancar atau sebuah bisnis yang sedang lesu? Tentu saja bisnis yang sedang lesu yang lebih membutuhkannya. Karena itulah, jika perusahaan-perusahaan yang memiliki bisnis yang sedang dalam masa jayanya, mereka akan memiliki sebuah website, terlebih-lebih perusahaan-perusahaan yang bisnisnya sedang lesu.

Sudahkah Anda memiliki website untuk bisnis dan perusahaan Anda?