13.04.2016

Apa itu Responsive Web Design?

Anda mungkin pernah mendengar "Responsive Web Design" atau "Desain Web Responsif". Apa sih sebenarnya Responsive Web Design itu? Responsive Web Design adalah teknik perancangan dan pengaplikasian desain web yang responsif terhadap ukuran/resolusi media untuk melihat website tersebut (misal: computer, tablet, handphone). Jadi, ketika website tersebut dilihat dengan menggunakan media computer, website tersebut memiliki layout/desain yang berbeda dengan ketika dilihat dengan menggunakan media handphone yang secara ukuran jelas lebih kecil.

Mengapa sebuah website perlu memiliki desain responsive? Beberapa tahun yang lalu, hampir semua akses ke sebuah website hanya didapatkan melalui computer, namun seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini hampir semua handphone/smartphone sudah dapat digunakan sebagai media pengakses website. Permasalahannya adalah ketika website dilihat dari computer, mungkin website tersebut akan terlihat cantik, tetapi ketika dilihat melalui handphone, jika website tersebut tidak memiliki desain yang responsif, maka tampilan website akan dipaksakan memenuhi layar handphone yang secara ukuran jauh lebih kecil daripada ukuran computer. Akibatnya, tampilan website tersebut akan terlihat terlalu kecil dan tidak terbaca. Dengan desain web yang responsif, hal-hal seperti itu dapat kita hindarkan.

Dengan Responsive Web Design, layout website yang tadinya terbagi menjadi empat kolom, pada waktu dibuka dengan menggunakan media tablet mungkin akan berubah menjadi dua atau tiga kolom saja, dan pada media handphone mungkin akan dibagi menjadi satu atau dua kolom. Dengan demikian tampilannya tidak terlihat terlalu kecil. Bisa juga pada tampilan menggunakan media yang lain, obyek-obyek dalam website tersebut juga ikut berubah, misalnya pada media computer terdapat menu bar, namun pada media tablet atau handphone tombol tersebut hilang dan menu diletakkan pada sebuah dropdown box.

Cara kerja Responsive Web Design kelihatannya cukup sederhana, namun pembuatannya cukup rumit dan membutuhkan kerja sama antara perancangan design dan pengaplikasiannya pada sisi programming. Selain itu karena adanya beberapa kategori ukuran media yang perlu disesuaikan, maka pekerjaan yang dilakukan juga menjadi relatif jauh lebih banyak karena yang tadinya hanya membuat satu layout design, kini perlu membuat tiga hingga empat layout design. Namun, hal ini sangat penting demi kenyamanan pengunjung website yang menggunakan beragam media untuk membuka website.